Jumat, 25 Desember 2009

KHUTBAH JUM'AT 1431-H


KEISTIMEWAAN BULAN MUHARAM ATAU ASYURA UST. DRS. MUHTADI IBNU ABBAS, MA

Dalam bulan Muharam, terdapat suatu hari yang dianggap mulia, yang jatuh pada tanggal sepuluhnya dan lazim dinamakan hari Asyura' Rosul bersabda mengenai ketentuan tanggal, yaitu:
"Asyura'u yaumul 'aashir" (HR. Imam Ad Daruquthni dari sahabat Abu Hurairah ra) yang artinya: Asyura adalah hari tanggal sepuluh.

Pada hari itu kita umat muslim disunnahkan untuk berpuasa sehari, sebagaimana yang tersebut dalam sebuah hadits riwayat Al Bazzar dari sahabat ABu Hurairah, yang artinya Asyura adalah hari raya Nabi yang sebelumnya semua, maka berpuasalah engkau semua pada hari itu.

Dinamakan Asyura sebab pada hari itu Allah memuliakan (mengaruniakan) kemenangan atau keselamatan dari bencana kepada beberapa orang Nabi, maka timbulah pertanyaan kemuliaan apakah wujudnya.? Jawabannya ada didalam kitab Aljawaahirul Makkiyah.
  1. Allah Ta'ala menciptakan Nabiyullah Adam as, dan menempatkan di surga.
  2. Nabi Nuh as mendarat di gunung Judiyyi, sesudah terjadinya banjir taufan yang airnya menggenangi seluruh permukaan bumi.
  3. Nabi Ibrohim as diselamatkan oleh Allah dari siksaan raja Namrud.
  4. Nabi Yunus as dapat keluar dari perut ikan hiu setelah berhari-hari berada didalamnya.
  5. Nabi Ayyub as disembuhkan dari penyakitnya yang menghinggapi seluruh tubuhnya dan menurut perhitungan akal tidak mungkin sembuh.
  6. Nabi Yusuf as dikeluarkan dari sumur yang gelap, karena perbuatan saudara-saudara yang dengki dan iri hati.
  7. Nabi Ya'qub as disembuhkan matanya karena memikirkan nasib putranya yakni Nabi Yusuf as dan terus menerus menangis.
  8. Allah Ta'ala membelah lautan untuk memberi pertolongan kepada Nabi Musa as saat dikejar tentara Fair'aun.
  9. Hari itu raja Fir'aun dan bala tentaranya di tenggelamkan oleh Allah di laut merah
Selanjutnya, masih dalam uraian dalam kitab diatas, bahwa siapa yang berpuasa 1 hari pada pada tanggal 10 muharam, maka Allah akan memberikan pahala, 10.000 malaikat, 10.000 orang pergi umrah dan haji dan 10.000 orang mati syahid. Dan siapa saja yang mengusap ramut anak yatim sambil diberi sedekah pada hari Asyura niscaya Allah mengangkat derajatnya setiap helai rambut anak yatim. Dan siapa yang memberi makan kepada 1 orang mu'min pada malam Asyura' dan siang harinya maka seakan-akan dia telah memberikan makan kepada seluruh orang mu'min.

Tidak ada komentar: