Senin, 21 Mei 2012

PEMIMPIN SEJATI

Sabar Karakter Pemimpin Sejati

Sabar itu indah. Allah SWT berfirman "fashbir shobran jamil" (QS Al Maarij, 5) yang artinya "Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik." Banyak kesuksesan atau keberhasilan berawal dari kesabaran. Seorang guru yang apabila dengan sabar membimbing muridnya akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan study muridnya. Nabiyullah Muhammad SAW senantiasa bersabar ketika berdakwah menyampaikan risallah Islam kepada para sahabat. Subhanallah banyak diantara mereka yang berhasil menjadi pemimpin ummah seperti khulafaur rasyidin (Abu Bakar, Umar Bin Khattab, Ali Bin Abi Thalib dan Utsman Bin Affan). 

Rasulullah SAW merupakan seorang pemimpin yang konsisten dengan sifat sabarnya dimanapun ia berada baik di rumah saat bersama keluarga, ketika berdagang, berdakwah maupun sewaktu memimpin perang. Bagaimana sebaiknya kita bersikap sabar? Insya Allah dapat meniru dari sikap teladan dan perilaku sabarnya Rasulullah SAW. Ummul mukminin, Aisyah ra terkenal dengan ketinggian atau kedalaman ilmunya. Beliau merupakan salah seorang yang ditarbiyah langsung oleh Rasulullah SAW dengan sabar hasilnya subhanallah banyak perkataan maupun keteladanan Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Aisyah ra.

Apabila kesadaran diri untuk bersikap dan berperilaku sabar dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja akan memberikan dampak positif yang luar biasa. Sebagai contoh di sebuah perusahaan, dengan sabar seorang pemimpin dapat mengajak seluruh timnya untuk bersama-sama bahu-membahu bekerja hingga mencapai kesuksesan dan target yang diharapkan. Semakin sabar seorang pemimpin semakin bijaksana dirinya. Sikap sabarnya seorang pemimpin umumnya akan ditiru dan diikuti pula oleh anggotanya. Bekerjanya karyawan dengan sabar ini akan memberikan dampak positif terhadap keberhasilan organisasi atau perusahaannya, termasuk sabar ketika menghadapi customer's complaint, fokus mendengarkan permasalahan customer, cepat merespon customer's enquiries dan berupaya optimal memenuhi harapan customer. Begitupula sabarnya seorang dokter dan perawat dalam melayani dan merawat pasiennya akan memberikan dampak positif terhadap kejiwaan pasien, lebih bersemangat, mendengar dan mematuhi/melaksanakan nasihat dokter dan perawat yang kemudian berpengaruh besar terhadap kesehatan fisik pasien berangsur membaik. Dan apabila setiap individu pada sebuah organisasi selalu konsisten berprilaku sabar maka dapat menghasilkan continuous improvement baik pada diri setiap individu, tim maupun organisasi, mendukung terwujud keharmonisan dan integrity yang kokoh, meningkatnya produktifitas dan kualitas kerja. 

Allah sangat mengasihi orang-orang yang sabar dan memberkahi mereka pahala yang besar. Allah Ta'ala berfirman dalam Qur'an Surat Az Zumar ayat 10 "...Innama Yuwaffá Aş-Şabirūna 'Ajrahum Bighayri Ĥisabin" yang artinya "...Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas".




"Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan" [At Taubah: 20]

Tidak ada komentar: