Rabu, 04 Februari 2009

HASAD DAN BAHAYANYA

Saudaraku,........ketahuilah bahwa penyakit hasad alias iri,...alias dengki menimbulkan bahaya sebagai berikut:


Pertama:
Menyerupai orang kafir yang selalu mendengki kaum muslimin atas karunia Allah kepada mereka berupa agama yang benar. Allah berfirman "Sebagian besar ahli kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang timbul dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya (yaitu izin memerangi orang-orang kafir). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segalanya" (Al-baqoroh 2:129)

Kedua:
Terhalang untuk meraih kesempurnaan iman. Sabda Rasulullah "Tidak sempurna iman salah seorang diantara kamu hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri" (HS: Bukhori Muslim)

Ketiga:
Akan memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. Umumnya orang yang hasad akan berbuat zolim kepada orang-orang yang didengkinya dengan cara menyebut-nyebut kejelekan atau kekurangan orang tersebut bahkan kalau perlu dengan bumbu-bumbu kedustaan dan fitnah agar orang lain ikut membencinya.
Sabda Rasulullah:"Taukah kamu siapakah Muflis (orang yang bangkrut) itu..?, Para sahabat mengatakan "Al-Muflis dalam pandangan kami adalah orang yang tidak memiliki lagi dirham dan barang perhiasan", Maka Rosul bersabda; "Sesungguhnya Al-Muflis dari kalangan umatku akan datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, zakat, tetapi ia datang dalam keadaan pernah mencaci maki ini, telah menuduh zina ini, telah makan hartanya ini, telah membunuh ini, dan telah memukul ini maka orang yang terzholimi itu akan dibayar dengan kebaikan dari orang yang mendzoliminya. Apabika kebaikannya kebaikannya telah habis sebelum terbayar apa yang menjadi hak orang yang terzholimi itu maka diambillah dosa-dosa orang yang terzholomi lalu dipikulkan kepadanya kemudian ia dilempar ke neraka".

Keempat:
Membuka pintu perpecahan dan permusuhan di kalangan kaum muslimin.

Kelima:
Orang yang hatinya terjangkit penyakit dengki/hasad, hidupnya selalu menderita. Setiap ia mendengar atau melihat orang yang didengkinya semakin baik hidupnya, maka ia akan bersedih, berduka dan dunia yang ia tempati semakin terasa sempit dan menyesakkan dada.

Keenam:
Hasad termasuk akhlak tercela dan banyak membawa bahaya bagi pemiliknya dan bisa merusak kehidupan orang lain.

Ketujuh:
Hasad menghalangi pemiliknya dari berbuat amal kebaikan dan perkara yang bermanfaat. ia mengisi waktu dan kesempatan hanya untuk mencari cara mengalahkan orang yang didengkinya. Ia akan merasa bahagia jika orang yang di dengkinya mendapatkan musibah, kecelakaan atau kematian.

Tidak ada komentar: