Kamis, 05 Maret 2009

MUSIBAH


Kultum Malam Jum'at Tanggal 6 Maret 2009

SIKAP ORANG MUSLIM MENGHADAPI MUSIBAH.
Allah SWT telah menerangkan didalam AL-qur'an QS. Al-Hadiid (Besi) ayat 22 dan 23
"Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah".

TUJUAN DIBERIKANYA MUSIBAH.
"Supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikanNya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membaggakan diri.

KENAPA ALLAH SWT MENURUNKAN MUSIBAH..?
Sebab Allah menurunkan musibah, dikarenakan manusia sendiri yang melakukannya, sebagaimana diterangkan dalam QS. Arrum (bangsa rumawi) ayat 41.
"Telah nampak kerusakan didarat, dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar"

JANJI ALLAH, KEPADA MANUSIA
Jika manusia mentaati perintah dan bertaqwa kepada Allah maka akan diberikan suatu keberkahan, sebagaimana diterangkan dalam QS, Al-A'raaf (tempat tertinggi) ayat 96.
"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya".

KESIMPULAN
  1. Suatu kejadian apapun di bumi dan pada diri manusia sudah tertulis di kitab Allah yang besar (lauh mahfuzh)
  2. Allah menurunkan musibah itu karena perbuatannya sendiri
  3. Jika manusia sadar kalau musibah itu dari Allah lalu bertaqwa mendekat kepada Allah bukan kepada dukun dst, maka Allah akan melimpahkan keberkahan dari langit dan bumi.
    (ust. Ibnu Muhtadi)

1 komentar:

nafaberbal mengatakan...

sdsadsadsafsafsa