Senin, 06 Februari 2012

MINUM SAMBIL BERDIRI


Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu kebih buruk lagi”. (HR. Muslim dan Turmidzi)

Hadist diatas cukup sederhana, melarang minum sambil berdiri,dibenak terlintas tanya, kenapa yaa kok repot amat, minum sambil berdiri aja dilarang??...??
Berdasarkan penelitian medis ternyata minum sambil berdiri akan menyebabkan penyakit kristal ginjal. Yang sudah dibuktikan oleh para medis bahwa di dalam tubuh manusia terdapat penyaring yang namanya “sfringer”. Sfringer ini akan terbuka apabila kita sedang dalam keadaan duduk dan akan tertutup bila kita sedang dalam keadaan berdiri.

Nah, air yang kita minum belum 100% steril untuk diolah oleh tubuh manusia. Apabila kita minum sambil berdiri, maka air tidak tersaring oleh sfringer karena sfringer dalam keadaan tertutup dan akibatnya air yang tidak tersaring oleh sfringer akan langsung masuk ke kantung kemih dan akan mengakibatkan penyakit kristal ginjal. Masya Allah.. Dalam sunnah Rasulullah selalu ada mukjizat dan manfaat bagi kita umatnya dan dijamin tidak ada yang merugikan.

Sedikit info tentang Terapi air putih yg telah dibuktikan secara medis:

  1. Minumlah 2 gelas air putih setelah bangun tidur, karena dapat membersihkan organ-organ internal dalam tubuh.
  2. Minumlah segelas air putih, 30 menit sebelum makan, karena dapat membantu fungsi seluruh pencernaan dan ginjal.
  3. Minum segelas air sebelum mandi dapat menetralisir tekanan darah.
  4. Dan minum segelas air sebelum tidur dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Disisa umur kita mari kita terus belajar menggali teladan Rasulullah dalam melakoni hidup kita yg sehat demi menggapai keridhaan-Nya semata. InsyaAllah kita bisa. Barakallah Fikum

Tidak ada komentar: