Kamis, 03 September 2009

10 POHON KEBAJIKAN

KULSUM (KULIAH SEPULUH MENIT) TARAWIH
TANGGAL : 28 AGUSTUS 2009
USTAD : AMANUDIN, SPD

Bulan ramadhan telah tiba, sebagai orang muslim tentunya harus mempersiapkan diri baik secara fisik maupun psikis, dan yang lebih penting sebagai orang mengaku beriman harus tahu apa yang akan diperbuat di dalam bulan yang penuh berkah ini.
Ibarat sebuah musim kita harus tahu tanaman apa yang cocok kita tanam yang harapannya akan dapat memanen dengan hasil yang optimal. Dan dibulan ramadhan ini pohon yang sekiranya baik kita tanam yang nantinya akan menghasilkan sesuatu yang kita harapkan di antaranya:
1. Shaum/puasa; dalam hal shaum ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan baik rukun dan wajibnya, sehingga puasa kita tidak sia-sia, sebagaimana Rosul sabdakan ”berapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapat apa-apa kecuali rasa lapar dan haus”.
2. Sahur, sabda Rosul ”Sahurlah, karena dalam sahur terdapat keberkahan”.
3. Iftar/berbuka, jangan merasa kuat sehingga saat tiba berbuka di tunda atau bahkan tidak berbuka, sedangkan rosul mengajarkan ”segeralah berbuka” dan sunahnya dengan sesuatu yang manis atau kurma dengan jumlah ganjil.
4. Tarawih, sholat tarawih merupakan proses pembelajaran bagi kita untuk membiasakan qiyamul lail, selain juga nilai pahala sholat tarawih yang begitu besar, maka sungguh rugi jika seorang yang melaksanakan puasa tidak dapat menjalankan qiyamul lail.
5. Tilawatil qur’an/tadarusan, kita tahu bahwa seorang yang membaca alqur’an reward yang didapat dari Allah SWT sungguh tinggi, apalagi dilaksanakan pada bulan yang agung ini.
6. Ith’aamul iftar/memberi berbuka puasa pada saudara muslim yang lain, sabda Rosul ”siapa yang memberikan berbuka puasa pada orang lain, maka akan mendapat nilai pahala dari orang tersebut tanpa mengurangi pahala puasa mereka”.
7. I’tikaf, Rosul mengajarkan lebih baik diam, daripada banyak biacara yang dikhawatirkan akan timbul ghibah, namimah atau bahkan mengarah ke fitnah.
8. Taharri lailatul qodar/memburu suatu nilai nya sama dengan 1000 bulan atau 84 tahun 3 bulan. Umat Nabi Muhammad SAW akan dapat menyamai usia umat Nabi terdahulu jika mendapatkan yang namanya lailatul qodar.
9. Umroh, sabda Rosul ”sispa yang melaksanakan umroh di bulan ramadhan, maka nilainya sama dengan haji atau beribadah bersama Rosul.
10. Ziswaf, yaitu Zakat, Infaq, Sadakoh, dan wakaf. Sama-sama kita ketahui bahwa zakat merupakan suatu yang wajib kita keluarkan dari harta yang kita upayakan dengan ketentuan yang telah ditetapkan, namun boleh lebih sesuai apa yang dikonsumsinya.

Tidak ada komentar: