Kamis, 03 September 2009

TIPE ORANG BERIMAN

KULSUM (KULIAH SEPULUH MENIT) TARAWIH
TANGGAL : 28 AGUSTUS 2009
USTAD : AMANUDIN, SPD


Rosulullah SAW bersabda: ”Perumpamaan orang beriman itu bagaikan lebah. Ia makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap ditempat yang bersih dan tidak merusak atau mematahkan yang dihinggapinya”
Agar suatu kehidupan menjadi indah, menyenangkan dan sejahtera dibutuhkan manusia yang seperti itu, ia akan menjadi yang terbaik, apapun peran dan fungsinya maka segala yang dilakukan adalah hal-hal yang membuat orang lain, lingkungan menjadi baik, sejahtera dan bahagia. Dan sifat itu terdapat pada lebah, sebagaimana Allah firmankan pada QS. An-Nahl 68-69) yang artinya, Dan Robbmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, dipohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dibudahkan, dari perut lebah itu keluar meniman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesara Allah bagi orang-orang yang beriman”.

Marilah kita lihat dan bandingkan apa yang dilakukan lebah dengan apa yang seharusnya dilakukan seorang mukmin, sebagai berikut:
1. Hinggap ditempat yang bersih dan menyerap hanya yang bersih.
Lebah hanya hinggap di tempat pilihan. Dia jauh berbeda dengan lalat. Serangga yang terakhir amat mudah ditemui ditempat sampah,kotoran, dan tempat-tempat yang busuk. Tapi lebah ia hanya akan mendatangi bunga-bunga atau buah-buahan atau tempat-tempat bersih lainnya yang mengandung bahan madu atau nektar. Begitulah seharusnya sifat seorang mukmin, sebagaimana Allah berfirman QS. Albaqoroh 168: ”Hai manusia makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan adalah musuh yang nyata bagimu”.

2. Mengeluarkan bersih
Lebah merupakan makhluk Allah yang produktif dengan kebaikan, bahkan dari organ yang tubuh binatang lain hanya mengeluarkan sesuatu yang menjijikkan, namun lebah mengeluarkan suatu produk yang berguna bagi kesehatan manusia. Allah berfirman QS: Al-Hajj 77: ”Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sembahlah Rabbmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan”.
Sebagai orang mukmin seharusnya jauh dari prasangka buruk, iri dengki, lidahnya tidak mengeluarkan kata-kata kecuali yang baik, perilakunya tidak menyengsarakan orang lain melainkan justru membahagiakan, hartanya bermanfaat bagi banyak manusia, kalau berkuasa atau memegang amanah tertentu, dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya bagi manusia.
3. Tidak pernah merusak
4. Bekerja keras
5. Bekerja secara jama’ah dan tunduk pada satu pimpinan
6. Tidak pernah melukai kecuali kalau diganggu

Tidak ada komentar: