Kamis, 03 September 2009

KULSUM TARAWIH

KULSUM (KULIAH SEPULUH MENIT) TARAWAH

TANGGAL : 3 SEPTEMBER 2009
USTAD : DRS. MUHTADI IBNU ABAS, MAG

Uraian singkat pada kuliah sepuluh menit yang disampaikan oleh pak ustad malam itu mengandung makna yang cukup mendalam, terkait dengan musibah yang menimpa bangsa Indonesia secara umum serta terjadinya gempa baru-baru ini.
Menurut uraian beliau sebuah bencana atau musibah yang menimpa umat manusia dapat berlatar belakang tiga hal diantaranya:
1. Sifat kesombongan yang mulai muncul pada diri manusia, sehingga dengan kesombongannya tidak saling menghargai sesama apalagi menghormati. Sehingga dengan sifat kesombangannya yang muncul mereka membanggakan keberadaannya.
2. Munculnya sifat iri dengki antar sesama, yang akhirnya menimbulkan fitnah merajalela. Apabila fitnah telah menucul dimana-mana maka tunggulah azab Tuhan akan turun.
3. Munculnya sifat Tamak, dengan sifat tamak yang muncul pada diri manusia dapat menimbulkan krisis sosial atau yang lebih lebih sempitnya dapat menimbulkan kecemburuan sosial karena kerakusan yang muncul dari manusia tersebut. Jika sifat tamak muncul yang kaya semakin kaya yang miskin semakin kejepit.....sehingga dampak kehidupan sosial menjadi tidak harmonis.

Tidak ada komentar: